24 C
en-GB

RPP - Mendengarkan dan Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
RPP )


Sekolah                        :
Mata Pelajaran            Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi    :  1. Mendengarkan dan Memahamtekdan cerita anak yandibacakan
Waktu                           2 X 35 menit


  MENDENGARKAN 
 A.  Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.


B Tujuan Pembelajaran** 
A.    Siswa dapat Mendengarkacerita anak 
B    Siswa dapat Menjawapertanyaan sesua dengacerita yang didengar
C.    Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifatokoh cerita
D.    Siswa dapat Menentukan latacerita 
E.    Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar


v  Karakter siswa yandiharapkan :   
 Dapat dipercaya Trustworthines), Rasa hormadan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),
  Tanggung jawab ( responsibilit) Berani ( courage dan Ketulusan ( Honest)


C.  Materi Pokok
       A.    Cerita anak


D.  Pengalaman Belajar 
      A.    Kegiatan Awal           
              Apersepsi  dan Motivasi :
-    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yanakadipelajari
-    Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar 

B.    Kegiatan Inti   :

1. Eksplorasi
    
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkacerita anak
F  Menjawab pertanyaan sesuai dengacerita yang didengar



2. Elaborasi
    
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menentukan tokoh dan sifatokoh cerita
F  Menentukan latar  cerita
F  Menceritakan kembali cerita yang didengar
 3.   Konfirmasi
       
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Gur bersama  siswa  bertany jawa meluruska kesalaha pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 4. KegiataPenutup
Dalam kegiatapenutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Membaca buku cerita anak

5 Metode/Sumber Belajar:
§    Metode                   : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§    Sumber Belajar        Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapamendengarkacerita anak
· Siswa dapamenjawab
pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
· Siswa dapamenentukan  tokoh dan sifatokoh cerita
· Siswa dapamenentukan latacerita
· Siswa dapamenceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan Tertulis Penugasan
Uraian
· Jawablah pertanyaan sesuai dengacerita yang didengar!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidaPengetahuan
4
2
1


2.





3.
Praktek





Sikap
aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidaaktif


Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidaSikap
4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

NamSiswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswyang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


















Mengetahui

                                                                                                            ..... ,2 1 Juli 2017

          Plt.Kepala Sekolah                                                          Guru MapeBahasa indonesia
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4