24 C
en-GB

Soal Ujian Guru Berprestasi

NASKAH SOAL UJIAN SELEKSI GURU BERPRESTASI TK, SD, SMP DAN SMA
TINGKAT KABUPATEN 


Petunjuk :
Pilihlah salah satu jawaban yang dipandang benar dengan memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang telah disediakan

1.   Pembelajaran berpusat pada peserta didik (student center oriented), merupakan………
      a. Prinsip PAIKEM
      b. Strategi PAIKEM
      c. Tujuan PAIKEM
      d. Karakteristik PAIKEM
      e. Jenis PAIKEM
2.   Membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis dan berpikir kreatif  (critical and creative thinking) merupakan...........
      a. Prinsip PAIKEM
      b. Strategi PAIKEM
      c. Tujuan PAIKEM
      d. Proses dalam PAIKEM
      e. Jenis PAIKEM
3.   Seorang guru yang secara sungguh-sungguh melakukan pembinaan agar siswa mencapai standar kompetensi minimal yang diterapkan, merupakan salah satu bentuk implementasi prinsip PAIKEM, khususnya........
      a. Berpusat pada peserta didik
      b. Integratif
      c. Bertahap dan terus menerus
      d. Sudut pandang adanya keunikan individu
      e. Dihadapkan pada permasalahan masalah
4.   Aktifitas pembelajaran yang mempertimbangkan bakat, minat, dan kemampuan siswa, seperti dalam penempatan di kelompok kerja, kegiatan ekstra kurikuler, atau kegiatan lain di sekolah merupakan implementasi prinsip PAIKEM, khususnya......
      a. Berpusat pada peserta didik
      b. Integratif
      c. Bertahap dan terus menerus
      d. Sudut pandang adanya keunikan individu
      e. Dihadapkan pada permasalahan masalah




5.   Seorang siswa yang melakukan wawancara dengan sopir bus untuk mengetahui pengalaman hidupnya, merupakan salah satu karakteristik PAIKEM, khususnya............
      a. Mengalami
      b. Interaksi
      c. Komunikasi
      d. Refleksi
      e. Diskusi
6.   Mempresentasikan hasil-hasil percobaan yang dilakukan siswa dihadapan siswa lain dalam pertemuan ilmiah, merupakan implementasi karakteristik PAIKEM, khususnya............
      a. Mengalami
      b. Interaksi
      c. Komunikasi
      d. Refleksi
      e. Diskusi
7.   Aktifitas memikirkan kembali permasalahan atau pernyataan yang disampaikan siswa kepada guru atau kepada siswa lain, merupakan implementasi karakteristik PAIKEM, khususnya............
      a. Mengalami
      b. Interaksi
      c. Komunikasi
      d. Refleksi
      e. Diskusi
8.   Di suatu kelas, guru mengawali pembelajaran dengan menampilkan gambar hamparan sawah, mendung tebal, seorang anak bermain di pematang. Kemudian dia minta siswa mendiskusikan kemungkinan yang akan tejadi. Dalam hal ini guru bertujuan melatih siswa untuk...........
      a. Memecahkan masalah
      b. Berpikir kritis
      c. Berpikir kreatif
      d. Memahami keadaan
      e. Berpikir sistematis
9.   Dalam pembelajaran IPA, guru menampilkan pokok bahasan zat cair, kemudian menyiapkan berbagai peralatan untuk menjawab konsep-konsep zat cair. Mengacu pada karakteristik karakteristik PAIKEM, guru mengajak siswa untuk............
      a. Berinteraksi
      b. Melakukan refleksi
      c. Mengalami
      d. Komunikasi
      e. Diskusi
10. Penerapan PAIKEM, dapat dilakukan dengan cara............
      a. Tatap Muka, Kegiatan Tugas Terstruktur, Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
      b. Diskusi
      c. Melakukan refleksi
      d. Mengalami

      e. Komunikasi
11. Tujuan utama dari penelitian tindakan kelas adalah untuk.........
      a. Mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas
      b. Mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran di kelas
      c. Membantu guru memahami kinerja pembelajaran yang diampunya
      d. Mendapatkan informasi tentang kinerja guru
      e. Mengetahui tingkat perkembangan belajar peserta didik
12. Penelitian Tindakan Kelas adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas berkenaan dengan antara lain, sebagai berikut, kecuali...........
      a. Penerapan metode belajar
      b. Metivasi belajar peserta didik
      c. Penilaian Hasil Belajar
      d. Pemanfaatan media dan sumber belajar
      e. Pengembangan profesionalisme guru
13. Manfaat dari PTK berkenaan langsung dengan guru dimaksudkan untuk..........
      a. Implementasi dari tugas pokok dan fungsi
      b. Meningkatkan kinrja sekolah
      c. Meningkatkan kemampuan profesional
      d. Menoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran
      e. Menjadi salah satu dasar pertimbangan promosi guru
14. Permasalahan atau topik yang dipilih untuk melaksanakan PTK harus memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali...........
      a. Menarik dan benar-benar nyata
      b. Mampu ditangani dan berada dalam lingkup kewenangan peneliti
      c. Mendapat dukungan dan persetujuan dari kepala sekolah
      d. Ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
      e. Mendesak untuk segera ditangani
15. Setelah menetapkan permasalahan penelitian, prosedur selanjutnya yang harus ditempuh peneliti adalah........
      a. Pengumpulan data
      b. Refleksi
      c. Pelaksanaan tindakan
      d. Perencanaan tindakan
      e. Perencanaan tindak lanjut
16. Manakah dari judul PTK berikut, yang telah memenuhi kriteria penulisan judul ?
      a. Implementasi Strategi Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Migrasi Penduduk
      b. Aplikasi Model Pembelajaran Traffic Light Card Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas X SMKN 3 Banjarsari
      c. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran PKn di SMAN 5 Bandung
      d. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII di SMPN 129 Jakarta
      e. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan eksploratif, elaboratif, dan konfirmatif
17. BAB II laporan PTK berisi uraian tenang...........
      a. Kajian teori dan hasil penelitian berkenaan dengan permasalahan penelitian
      b. Deskripsi dan gambaran umum tentang sekolah sasaran penelitian
      c. Rencana tindakan yang akan dilaksanakan dalam penelitian
     d. Pemantauan, evaluasi, dan menganalisis data hasil penelitian
     e. Refleksi dan menyusun rencana tindak lanjut
18. Deskripsimateri yang tidak mesti disajikan dalam proposal PTK antara lain,……........
      a. Teori tentang variable masalah yang diteliti
      b. Rumusan masalah penelitian
      c. Rencana tindakan
      d. Rekomendasi
      e. Pembahasan hasil penelitian
19. Temuan hasil PTK dideskripsikan secara obyektif dan sistematis dalam...............
      a. Prosedur/siklus penelitian
      b. Teknik analisis data
      c. Sajian hasil penelitian
      d. Pembahasan
      e. Kesimpulan 
20. Pengertian budaya adalah.........
      a. Keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan kenyakinan yang dihasilkan masyarakat
      b. Kesatuan gerak langkah dan pola pikir setiap manusia yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
      c. Keselarasan antara olah pikir, olah rasa dan olah raga yang diwujudkan dalam keseharian hidupnya
      d. Kemampuan untuk menyatukan semua potensi di dalam dirinya dalam perilaku sehari-hari
      e. Perbuatan yang dirasakan oleh manusia
21. Pengertian karakter adalah..............
      a. Pola gerak, pola pikir dan pola rasa yang diharapkan dimiliki setiap manusia dan dimengerti oleh orang lain
      b. Kenyakinan, harapan dan tantangan yang dimiliki dalam kehidupan pribadi setiap manusia yang berakar dari kebajikannya
      c. Kemampuan untuk menginternalisasi pola pikir, pola gerak dan pola rasa dalam kehidupan sehari-hari
      d. Watak, tabiat, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakininya
      e. Hasil pola karya pikiran manusia
22. Fungsi pendidikan budaya karakter bangsa adalah.............
      a. Pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik; perbaikan potensi peserta didik yang lebih bermatabat dan penyaring nilai budaya bangsa lain
      b. Pemantapan budaya Bangsa Indonesia; pmantapan nilai budaya yang telah dimiliki dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari
      c. Pengembangan nilai yang telah dimiliki; penemuan nilai-nilai baru yang belum dimiliki dan pengimplementasian dalam kehidupan sehari-hari
      d. Pembentukan nilai budaya Bangsa Indonesia; pemanfaatan nilai-nilai yang belum dimiliki dan pelaksanaan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari
      e. Peningkatan nilai-nilai budaya seseorang
23. Sumber-sumber nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah...............
      a. Adat istiadat, nilai luhur, kebajikan, keteladanan
      b. Agama, Pancasila, Budaya dan Tujuan Pendidikan Nasional
      c. Budaya luhur bangsa, agama, keteladanan dan adat istiadat
      d. Adat istiadat, Pancasila, kebajikan, keteladanan
      e. Budi pekerti, moral dan Pancasila
24. Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, merupakan perwujudan dari nilai............
      a. Religius
      b. Jujur
      c. Kerja keras
      d. Menghargai prestasi
      e. Demokratis

25. Prinsip pembelajaran pendidikan karakter di sekolah pada mata pelajaran adalah.............
      a. Pada prinsipnya, pengembangan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Oleh karena itu,  guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP), Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang sudah ada.  
       b. Dimaksukkan secara terpisah dalam silabus
       c. Tidak dimasukkan dalam silabus
       d. Tergantung pada guru masing-masing
       e. Disusun oleh guru masing-masing
26.  Kebijakan pemerintah yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional tertuang dalam...........
a.      UU No. 20 Tahun 2003                                            
b.      PP No. 19 Tahun 2005                                             
c.       Permendiknas No. 23 Tahun 2006
d.      Permendiknas No. 24 Tahun 2006
e.      Permendiknas No. 27 Tahun 2006
27.  Permendiknas No. 22 Tahun 2006 mengatur tentang..................
a.       Standar Kompetensi Lulusan                                   
b.      Standar Proses
c.       Standar Isi                                                    
d.      Standar Nasional Pendidikan
e.       Standar pengelolaan
28.  KTSP merupakan singkatan dari...........
a.       Kurikulum Tentang Satuan Pendidikan                   
b.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
c.       Kurikulum Tentang Standar Pendidikan      
d.      Kurikulum Tujuan Satuan Pendidikan
e.       Kurikulum Tingkat Sistem Pendidikan
29.  Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut merupakan tujuan dari...........
a.       Pendidikan Nasional                                    
b.      Pendidikan Sekolah Dasar
c.       Pendidikan Menengah                                              
d.      Pendidikan Dasar
e.       Pendidikan Luar Sekolah
30.  Komponen-komponen KTSP adalah..................
a.       Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan       
b.      Struktur dan Muatan KTSP
c.       Kalender Pendidikan
d.      Muatan lokal                         
e.       a, b dan c benar
31.  Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Pengembangan Diri, Pengaturan Beban Belajar, Ketuntasan Belajar, Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan  merupakan bagian dari.................
a.       Struktur Kurikulum                                      
b.      Muatan Kurikulum
c.       Kalender Pendidikan                                    
d.      Kalender Sekolah
e.       Kalender Nasional
32.  Pengertian RPP adalah......................
a.      Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar
b.      Rencana Program Pembelajaran
c.       Aplikasi dari silabus
d.      Kunci keberhasilan pengajaran
e.      Pemahaman silabus
33.  Prinsip pengembangan silabus didasarkan pada hal tertentu yaitu............
a.       Ilmiah, Relevan, Sistematis, Konsisten, Memadai, Aktual dan Kontekstual, felksibel dan menyeluruh
b.      Nyata, beararti dan menyenangkan
c.       Ilmiah, Realita, berdasarkan kemmapuan peserta didik
d.      Aktual, berdasarkan silabus dan ditentukan oleh pemerintah
e.       Aktual, fleksibel, nyata, transparan, dan akuntabel
34.  KKM ditentukan sekolah pada awal pembelajaran dengan memperhatikan............
a.       Intake, daya dukung, kompleksitas              
b.      Sarana prasaran, silabus, rpp
c.       RPP, kompleksitas, buku panduan                           
d.      RPP, Silabus, Daya dukung
e.       Program Semester
35.  Perencanaan untuk kurun waktu satu tahun yang berisi SK/KD dan alokasi waktu pembelajaran untuk setiap SK/KD merupakan pengertian dari...............
a.       Program Semester                                         
b.      Program Tahunan
c.       Kalender Pendidikan                                    
d.      Kalender Sekolah
e.       Pengembangan Diri
36.  Perhatian mempnyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar. Dari kajian tiori belajar pengolahan informasi terungkap bahwa tanpa adanya perhatian tidak mungkin terjadi belajar, pendapat ini dikemukakan oleh……….
a.       Gage dan berliner
b.      Bruner
c.       Ausubel
d.      Edgar Dale
e.       Thomson
37.  Guru dapat membuat program pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber belajar di luar sekolah yang dikemukakan oleh Woolkfolk dan Nicolick. Pemanfaatan tersebut bermaksud untuk……….
a.       Meningkatkan kegiatan belajar, sehingga mutu hasil belajar semakin meningkat
b.      Mengetahui kelemahan dan kekuatan siswa
c.       Mengevaluasi keberhasilan siswa
d.      Mengingatkan siswa untuk belajar
e.       Meningkatkan ingatan siswa
38.  J. Dewey, terkenal dengan sekolah kerja, menggunakan azas aktivitas dalam proyek kerja dan metode problem solving, dengan langkah-langkah sebagai berikut……….
a.       Menyadari dan merumuskan masalah
b.      Menentukan hipotesis
c.       Mengumpulkan data
d.      Menguji hipotesis dengan data, menarik kesimpulan, melaksanakan keputusan
e.       a, b, c dan d benar
39.  Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru untuk melayani perbedaan individual dalam proses belajar mengajar di sekolah. Cara-cara tersebut antara lain sebagai berikut……….
a.       Akselerasi dan program tambahan
b.      Pengembangan diri
c.       Kursus
d.      Bimbingan test
e.       Privat less


40.  Terhadap para siswa yang cerdas dapat dilakukan dua cara agar perkembangannya berjalan dengan kemampuannya yaitu dengan akselerasi dan program tambahan. Menurut Denver School memberikan pelayanan terhadap para siswa yang cerdas , dengan langkah-langkah sebagai berikut……….
a.       Identifikasi
b.      Modifikasi kurikulum
c.       Artikulasi
d.      Evaluasi
e.       a, b, c dan d benar







KUNCI  JAWABAN  GURU  BERPRESTASI

  1. A
  2. A
  3. A
  4. A
  5. A
  6. C
  7. D
  8. D
  9. C
  10. A
  11. B
  12. B
  13. C
  14. C
  15. D
  16. A
  17. A
  18. B
  19. C
  20. A
  21. D
  22. A
  23. B
  24. B
  25. A
  26. A
  27. C
  28. B
  29. A
  30. E
  31. B
  32. A
  33. A
  34. A
  35. B
  36. A
  37. A
  38. E
  39. A
  40. E



 
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4