Pendidikan
Soal Ujian Guru Berprestasi
NASKAH SOAL UJIAN SELEKSI
GURU BERPRESTASI TK, SD, SMP DAN SMA
TINGKAT KABUPATEN
Petunjuk :
Pilihlah salah satu jawaban yang dipandang
benar dengan memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang telah disediakan
a. Prinsip PAIKEM
b. Strategi PAIKEM
c. Tujuan PAIKEM
d. Karakteristik PAIKEM
e. Jenis PAIKEM
2. Membantu
siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis dan
berpikir kreatif (critical and creative
thinking) merupakan...........
a. Prinsip PAIKEM
b.
Strategi PAIKEM
c.
Tujuan PAIKEM
d. Proses dalam PAIKEM
e. Jenis PAIKEM
3. Seorang
guru yang secara sungguh-sungguh melakukan pembinaan agar siswa mencapai
standar kompetensi minimal yang diterapkan, merupakan salah satu bentuk
implementasi prinsip PAIKEM, khususnya........
a. Berpusat pada peserta didik
b. Integratif
c. Bertahap
dan terus menerus
d. Sudut pandang adanya keunikan individu
e.
Dihadapkan pada permasalahan masalah
4. Aktifitas
pembelajaran yang mempertimbangkan bakat, minat, dan kemampuan siswa, seperti
dalam penempatan di kelompok kerja, kegiatan ekstra kurikuler, atau kegiatan
lain di sekolah merupakan implementasi prinsip PAIKEM, khususnya......
a.
Berpusat pada peserta didik
b.
Integratif
c.
Bertahap dan terus menerus
d.
Sudut pandang adanya keunikan individu
e.
Dihadapkan pada permasalahan masalah
5. Seorang
siswa yang melakukan wawancara dengan sopir bus untuk mengetahui pengalaman
hidupnya, merupakan salah satu karakteristik PAIKEM, khususnya............
a. Mengalami
b. Interaksi
c.
Komunikasi
d. Refleksi
e.
Diskusi
6. Mempresentasikan
hasil-hasil percobaan yang dilakukan siswa dihadapan siswa lain dalam pertemuan
ilmiah, merupakan implementasi karakteristik PAIKEM, khususnya............
a.
Mengalami
b.
Interaksi
c. Komunikasi
d.
Refleksi
e.
Diskusi
7. Aktifitas
memikirkan kembali permasalahan atau pernyataan yang disampaikan siswa kepada
guru atau kepada siswa lain, merupakan implementasi karakteristik PAIKEM, khususnya............
a. Mengalami
b. Interaksi
c. Komunikasi
d. Refleksi
e. Diskusi
8. Di
suatu kelas, guru mengawali pembelajaran dengan menampilkan gambar hamparan
sawah, mendung tebal, seorang anak bermain di pematang. Kemudian dia minta siswa mendiskusikan kemungkinan
yang akan tejadi. Dalam hal ini guru bertujuan melatih siswa untuk...........
a.
Memecahkan masalah
b.
Berpikir kritis
c. Berpikir kreatif
d. Memahami keadaan
e. Berpikir
sistematis
9. Dalam
pembelajaran IPA, guru menampilkan pokok bahasan zat cair, kemudian menyiapkan
berbagai peralatan untuk menjawab konsep-konsep zat cair. Mengacu pada
karakteristik karakteristik PAIKEM, guru mengajak siswa untuk............
a. Berinteraksi
b. Melakukan refleksi
c. Mengalami
d. Komunikasi
e. Diskusi
10. Penerapan PAIKEM, dapat dilakukan
dengan cara............
a. Tatap Muka, Kegiatan Tugas Terstruktur, Kegiatan Mandiri Tidak
Terstruktur
b. Diskusi
c. Melakukan
refleksi
d. Mengalami
e. Komunikasi
11. Tujuan utama dari penelitian tindakan
kelas adalah untuk.........
a. Mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas
b. Mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran di kelas
c. Membantu guru memahami kinerja pembelajaran yang diampunya
d. Mendapatkan informasi tentang kinerja guru
e. Mengetahui tingkat perkembangan belajar peserta didik
12. Penelitian Tindakan Kelas adalah
kegiatan penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas berkenaan dengan antara
lain, sebagai berikut, kecuali...........
a. Penerapan metode belajar
b. Metivasi belajar peserta didik
c. Penilaian Hasil Belajar
d. Pemanfaatan media dan sumber belajar
e. Pengembangan profesionalisme guru
13. Manfaat dari PTK berkenaan langsung
dengan guru dimaksudkan untuk..........
a. Implementasi dari
tugas pokok dan fungsi
b. Meningkatkan kinrja
sekolah
c. Meningkatkan kemampuan profesional
d. Menoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran
e. Menjadi salah satu dasar pertimbangan promosi guru
14. Permasalahan atau topik yang dipilih
untuk melaksanakan PTK harus memenuhi kriteria sebagai berikut,
kecuali...........
a. Menarik dan benar-benar nyata
b. Mampu ditangani dan berada dalam lingkup kewenangan peneliti
c. Mendapat dukungan dan persetujuan dari kepala sekolah
d. Ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
e. Mendesak untuk
segera ditangani
15. Setelah menetapkan permasalahan
penelitian, prosedur selanjutnya yang harus ditempuh peneliti adalah........
a. Pengumpulan data
b. Refleksi
c. Pelaksanaan tindakan
d. Perencanaan tindakan
e. Perencanaan tindak lanjut
16. Manakah dari judul PTK berikut, yang
telah memenuhi kriteria penulisan judul ?
a. Implementasi Strategi Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk
meningkatkan Pemahaman Konsep Migrasi Penduduk
b. Aplikasi Model Pembelajaran Traffic Light Card Untuk Meningkatkan
Prestasi Siswa Kelas X SMKN 3 Banjarsari
c. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode
Bermain Peran Dalam Pembelajaran PKn di SMAN 5 Bandung
d. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII
di SMPN 129 Jakarta
e. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan eksploratif,
elaboratif, dan konfirmatif
17. BAB II laporan PTK berisi uraian
tenang...........
a. Kajian
teori dan hasil penelitian berkenaan dengan permasalahan penelitian
b. Deskripsi dan gambaran umum tentang
sekolah sasaran penelitian
c. Rencana tindakan yang akan
dilaksanakan dalam penelitian
d. Pemantauan, evaluasi, dan menganalisis data hasil penelitian
e. Refleksi dan menyusun rencana tindak lanjut
18. Deskripsimateri yang tidak mesti
disajikan dalam proposal PTK antara lain,……........
a. Teori tentang variable masalah yang diteliti
b. Rumusan masalah penelitian
c. Rencana tindakan
d. Rekomendasi
e. Pembahasan hasil penelitian
19. Temuan hasil PTK dideskripsikan secara
obyektif dan sistematis dalam...............
a.
Prosedur/siklus penelitian
b. Teknik analisis data
c. Sajian hasil penelitian
d. Pembahasan
e. Kesimpulan
20. Pengertian budaya adalah.........
a. Keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan kenyakinan yang
dihasilkan masyarakat
b. Kesatuan gerak langkah dan pola pikir setiap manusia yang
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
c. Keselarasan antara olah pikir, olah rasa dan olah raga yang
diwujudkan dalam keseharian hidupnya
d. Kemampuan untuk menyatukan semua potensi di dalam dirinya dalam
perilaku sehari-hari
e. Perbuatan yang dirasakan oleh manusia
21. Pengertian karakter
adalah..............
a. Pola gerak, pola pikir dan pola rasa yang diharapkan dimiliki setiap
manusia dan dimengerti oleh orang lain
b. Kenyakinan, harapan dan tantangan yang dimiliki dalam kehidupan
pribadi setiap manusia yang berakar dari kebajikannya
c. Kemampuan untuk menginternalisasi pola pikir, pola gerak dan pola
rasa dalam kehidupan sehari-hari
d. Watak, tabiat, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari
hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakininya
e. Hasil pola karya pikiran manusia
22. Fungsi pendidikan budaya karakter
bangsa adalah.............
a. Pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik; perbaikan potensi
peserta didik yang lebih bermatabat dan penyaring nilai budaya bangsa lain
b. Pemantapan budaya Bangsa Indonesia; pmantapan nilai budaya yang telah
dimiliki dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari
c. Pengembangan nilai yang telah dimiliki; penemuan nilai-nilai baru
yang belum dimiliki dan pengimplementasian dalam kehidupan sehari-hari
d. Pembentukan nilai budaya Bangsa Indonesia; pemanfaatan nilai-nilai
yang belum dimiliki dan pelaksanaan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari
e. Peningkatan nilai-nilai budaya seseorang
23. Sumber-sumber nilai pendidikan budaya
dan karakter bangsa adalah...............
a. Adat istiadat, nilai luhur, kebajikan, keteladanan
b. Agama, Pancasila, Budaya dan Tujuan Pendidikan Nasional
c. Budaya luhur bangsa, agama, keteladanan dan adat istiadat
d. Adat istiadat,
Pancasila, kebajikan, keteladanan
e. Budi pekerti, moral dan Pancasila
24. Perilaku yang didasarkan pada upaya
menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan, dan pekerjaan, merupakan perwujudan dari nilai............
a. Religius
b. Jujur
c. Kerja keras
d. Menghargai prestasi
e. Demokratis
25. Prinsip pembelajaran pendidikan karakter di
sekolah pada mata pelajaran adalah.............
a.
Pada prinsipnya, pengembangan
budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi
terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Oleh karena itu,
guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan
dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), Silabus dan Rencana Program
Pembelajaran (RPP) yang sudah ada.
b.
Dimaksukkan secara terpisah dalam silabus
c.
Tidak dimasukkan dalam silabus
d.
Tergantung pada guru masing-masing
e.
Disusun oleh guru masing-masing
26. Kebijakan
pemerintah yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional tertuang
dalam...........
a. UU
No. 20 Tahun 2003
b. PP
No. 19 Tahun 2005
c. Permendiknas
No. 23 Tahun 2006
d. Permendiknas
No. 24 Tahun 2006
e. Permendiknas
No. 27
Tahun 2006
27. Permendiknas
No. 22 Tahun 2006 mengatur tentang..................
a. Standar
Kompetensi Lulusan
b. Standar
Proses
c. Standar
Isi
d. Standar
Nasional Pendidikan
e. Standar pengelolaan
28. KTSP
merupakan singkatan dari...........
a. Kurikulum
Tentang Satuan Pendidikan
b. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
c. Kurikulum
Tentang Standar Pendidikan
d. Kurikulum
Tujuan Satuan Pendidikan
e. Kurikulum Tingkat Sistem Pendidikan
29. Meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut merupakan tujuan
dari...........
a. Pendidikan
Nasional
b. Pendidikan
Sekolah Dasar
c. Pendidikan
Menengah
d. Pendidikan
Dasar
e. Pendidikan Luar Sekolah
30. Komponen-komponen
KTSP adalah..................
a. Tujuan
Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
b. Struktur
dan Muatan KTSP
c. Kalender
Pendidikan
d. Muatan lokal
e. a, b dan c benar
31. Mata
Pelajaran, Muatan Lokal, Pengembangan Diri, Pengaturan Beban Belajar,
Ketuntasan Belajar, Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan merupakan bagian dari.................
a. Struktur
Kurikulum
b. Muatan
Kurikulum
c. Kalender
Pendidikan
d. Kalender
Sekolah
e. Kalender Nasional
32. Pengertian
RPP adalah......................
a. Rencana
yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai
satu kompetensi dasar
b. Rencana
Program Pembelajaran
c. Aplikasi
dari silabus
d. Kunci
keberhasilan pengajaran
e. Pemahaman silabus
33. Prinsip
pengembangan silabus didasarkan pada hal tertentu yaitu............
a. Ilmiah,
Relevan, Sistematis, Konsisten, Memadai, Aktual dan Kontekstual, felksibel dan
menyeluruh
b. Nyata,
beararti dan menyenangkan
c. Ilmiah,
Realita, berdasarkan kemmapuan peserta didik
d. Aktual,
berdasarkan silabus dan ditentukan oleh pemerintah
e. Aktual, fleksibel, nyata, transparan, dan akuntabel
34. KKM
ditentukan sekolah pada awal pembelajaran dengan memperhatikan............
a. Intake,
daya dukung, kompleksitas
b. Sarana
prasaran, silabus, rpp
c. RPP,
kompleksitas, buku panduan
d. RPP,
Silabus, Daya dukung
e. Program Semester
35. Perencanaan
untuk kurun waktu satu tahun yang berisi SK/KD dan alokasi waktu pembelajaran
untuk setiap SK/KD merupakan pengertian dari...............
a. Program
Semester
b. Program
Tahunan
c. Kalender
Pendidikan
d. Kalender
Sekolah
e. Pengembangan Diri
36. Perhatian mempnyai peranan yang penting dalam kegiatan
belajar. Dari kajian tiori belajar pengolahan informasi terungkap bahwa tanpa
adanya perhatian tidak
mungkin terjadi belajar, pendapat ini dikemukakan oleh……….
a. Gage dan berliner
b. Bruner
c. Ausubel
d. Edgar Dale
e. Thomson
37. Guru dapat membuat program pembelajaran dengan
memanfaatkan media dan sumber belajar di luar sekolah yang dikemukakan oleh
Woolkfolk dan Nicolick. Pemanfaatan tersebut bermaksud untuk……….
a. Meningkatkan kegiatan belajar, sehingga mutu hasil
belajar semakin meningkat
b. Mengetahui kelemahan dan kekuatan siswa
c. Mengevaluasi keberhasilan siswa
d. Mengingatkan siswa untuk belajar
e. Meningkatkan ingatan siswa
38. J. Dewey, terkenal dengan sekolah kerja, menggunakan
azas aktivitas dalam proyek kerja dan metode problem solving, dengan
langkah-langkah sebagai berikut……….
a. Menyadari dan merumuskan masalah
b. Menentukan hipotesis
c. Mengumpulkan data
d. Menguji hipotesis dengan data, menarik kesimpulan,
melaksanakan keputusan
e. a, b, c dan d benar
39. Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru untuk melayani
perbedaan individual dalam proses belajar mengajar di sekolah. Cara-cara
tersebut antara lain sebagai berikut……….
a. Akselerasi dan program tambahan
b. Pengembangan diri
c. Kursus
d. Bimbingan test
e. Privat less
40. Terhadap para siswa yang cerdas dapat dilakukan dua
cara agar perkembangannya berjalan dengan kemampuannya yaitu dengan akselerasi
dan program tambahan. Menurut Denver School memberikan pelayanan terhadap para
siswa yang cerdas , dengan langkah-langkah sebagai berikut……….
a. Identifikasi
b. Modifikasi kurikulum
c. Artikulasi
d. Evaluasi
e. a, b, c dan d benar
KUNCI JAWABAN GURU
BERPRESTASI
- A
- A
- A
- A
- A
- C
- D
- D
- C
- A
- B
- B
- C
- C
- D
- A
- A
- B
- C
- A
- D
- A
- B
- B
- A
- A
- C
- B
- A
- E
- B
- A
- A
- A
- B
- A
- A
- E
- A
- E
Post a Comment