RPP - Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
· Siswa dapat melengkapi
pernyataan yang sesuai dengan teks
· Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
· Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Lengkapi-lah pernyataanyang sesuai dengan
teks!
· Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
.... ,21 Juli 2017
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
Post a Comment