24 C
en-GB

RPP - Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan


                       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                         ( RPP )

Sekolah                        :
Mata Pelajaran            Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              6/ Pertama
Standar Kompetansi   1. Memahamtek dan cerita anak yandibacakan
Waktu                           2 X 35 menit


MENDENGARKAN 
A.  Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu  Teks yang dibacakan/didengarkan


B Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Mendengarkan  pembacaan teks
§    Siswa dapat Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
§    Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§    Siswa dapat Meringkateks yang didengar-kaberdasarkan hal-hal penting/ pokok


v Karakter siswa yandiharapkan :   Dapat dipercaya Trustworthines), Rasa hormadan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibilit) Berani ( courage dan Ketulusan ( Honest)


C.  Materi Pokok
§    Teks Bacaan


D.  Pengalaman Belajar 

     § Kegiatan Awal 
        Apersepsi  dan Motivasi :
-    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yanakadipelajari
            -    Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaa yang akan didengar
§    Kegiatan Inti           :

       & Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan pembacaan teks
F  Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks

  
        & Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F  Meringkateks yang didengarkan
F  Menceritakan kembali isi teks yang didengar
E Metode/Sumber Belajar:
§    Metode                    Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§    Sumber Belajar        Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
· Siswa dapat melengkapi
pernyataan yang sesuai dengan     teks
· Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
· Siswa dapameringkas teks yang  didengarkan berdasar-kahal-hal penting/ pokok
Lisan Tertulis Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Lengkapi-lah    pernyataanyang sesuai dengan
teks!
· Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal    penting / pokok!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.





3.
Pengetahuan





Praktek





Sikap
Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidaPengetahuan


aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidaaktif


Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidaSikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

NamSiswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswyang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui

....   ,21   Juli   2017

Plt.Kepala Sekolah                                             Guru MapeBahasa indonesia

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4