24 C
en-GB

Pengukuran dan Saluran Air


1. SELOKAN DAN SALURAN AIR
1.A. PENGUKURAN GALIAN

Pekerjaan galian selokan dan saluran air harus diukur untuk pembayaran dalam meter kubik sebagai volume aktual bahan yang dipindahkan dan disetujui oleh direksi pekerjaan. Pekerjaan galian ini diperlukan untuk pembentukan atau pembentukan kembali selokan dan saluran air yang memenuhi pada garis, ketinggian, dan profil yang benar seperti yang ditunjukkan dalam gambar atau yang diperintahkan oleh direksi pekerjaan. Penggalian yang melebihi dari yang ditunjukkan dalam gambar atau yang diperintahkan oleh direksi pekerjaan, tidak boleh diukur untuk pembayaran.

1.B. PENGUKURAN DAN PEMBAYARAN TIMBUNAN

Timbunan yang digunakan untuk pekerjaan selokan dan saluran air harus diukur dan dibayar sebagai timbunan dalam seksi 3.2 dari spesifikasi


1.C PENGUKURAN DAN PEMBAYARAN PELAPISAN SALURAN

Pearlapisan saluran untuk selokan drainase dan saluran air akan diukur dan dibayar sebagai pasangan batu  dengan mortar dalam seksi 2.2 spesifikasi

2. PASANGAN BATU DENGAN MORTAR

Pekerjaan pasangan batu dengan mortar harus diukur untuk pembayaran dalam meter kubik sebagai volume nominal pekerjaan yang selesai dan diterima. Pekerjaan pasangan batu dengan mortar untuk pelapisan pada selokan dan saluran air, atau pelapisan pada permukaan lainnya, volume nominal harus ditentukan dari luas permukaan terekspos dari pekerjaan yang telah dikerjakan dan tebal minimal lapisan untuk pelapisan. Untuk keperluan pembayaran, tebal nominal lapisan haruslah diambil yang terkecil dari berikut ini :
  • Tebal yang ditentukan seperti yang ditunjukkan pada gambar atau diperintahkan direksi pekerjaan
  • Tebal aktual rata-rata yang dipasang seperti yang ditentukan dalam pengukuran lapangan
  • 13 cm
Pekerjaan pasangan batu dengan mortar yang digunakan bukan untuk pelapisan, volume nominal untuk pembayaran harus dihitung sebagai volume teoritis yang ditetapkan dari garis dan penampang yang ditentukan atau disetujui.

Setiap bahan yang melebihi volume tioritis yang disetujui tidak boleh diukur atau dibayar. Galian untuk selokan drainase yang diberi pasangan batu dengan mortar harus diukur untuk pembayaran sesuai dengan seksi 2.1 dari spesifikasi.

3. GORONG-GORONG DAN DRAINASE BETON

 Kuantitas yang diukur untuk pembayaran gorong-gorong pipa beton bertulang maupun tanpa tulangan haruslah jumlah meter panjang dari pipa baru atau perpanjangan yang dipasang, yang diukur dari ujung  pipa yang dipasang.
Kuantitas yang diukur untuk pembayaran gorong-gorong pipa logam gelombang (corrugated) haruslah jumlah ton dari struktur pipa baru atau perpanjangan yang dipasang dan diterima oleh direksi pekerjaan.

Kuantitas yang diukur untuk struktur lainnya yang diuraiakan dalam seksi ini haruslah kuantitas dari berbagai macam bahan yang digunakan, yang dihitung seperti yang diisyaratkan dalam seksi lain dalam spesifikasi ini.

Kecuali untuk galian batu dan bahan drainase porous yang digunakan, tidak ada pengukuran yang terpisah  untuk pembayaran akan dilakukan untuk pekerjaan galian atau timbunan, biaya pekerjaan ini dipandang sebagai pelengkap untuk melaksanakan pekerjaan gorong-gorong pipa dan sudah termasuk dalam harga penawaran untuk gorong-gorong pipa dan berbagai macam bahan yang digunakan dalam pelaksanaan.

4. DRAINASE POROUS

4.A. PENGUKURAN BAHAN POROUS UNTUK PENIMBUNAN KEMBALI ATAU BAHAN PENYARING (FILTER)

Timbunan hanya boleh diklasifikasikan dan diukur sebagai bahan porous untuk penimbunan kembali atau bahan penyaring (filter) bilamana digunakan pada lokasi atau untuk maksud -maksud  dimana bahan porous untuk penimbunan atau landasan atau bahan penyaring (filter) atau selimut drainase yang telah ditentukan atau disetujui secara tertulis oleh direksi pekerjaan, dan bilamana bahan tersebut telah diterima oleh direksi pekerjaan sebagai bahan drainase porous yang cocok menurut persyaratan yang sesuai dari seksi ini. Kuantitas bahan porous untuk penimbunan kembali yang diukur untuk pembayaran sampai hingga garis yang ditentukan atau disetujui . setiap bahan yang dipasang melebihi volume teritis  yang telah disetuji harus dianggap sebagai timbunan biasa ataupun timbunan pilihan, sebagaimana yang diperintahkan oleh direksi pekerjaan, dan tidak boleh diukur menurut seksi ini tanpa mengabaikan mutu bahannya.

Seluruh bahan porous untuk penimbunan kembali yang disetujui untuk digunakan dan diterima pada kontrak, dan yang memnuhi ketentuan pengukuran seperti yang diuraikan diatas harus diukur menurut seksi ini.

4.B PENGUKURAN ANYAMAN PENYARING (FILTER) PLASTIK

Kuantitas anyaman penyaring (filter) plastik yang diukur untuk pembayaran haruslah jumlah meter persegi anyaman penyaring (filter) yang disetujui aktual terpasang dalam pekerjaan tersebut dan diterima dilapangan.

4.C PENGUKURAN PIPA BERLUBANG BANYAK (PERFORATED PIPE)

Kuantitas pipa berlubang banyak (perforated pipe) yang diukur untuk pembayaran haruslah jumlah meter panjang pipa yang disetujui aktual terpasang dalam pekerjaan tersebut dan diterima dilapangan. Tidak terdapat pengurangan dalam pengukuran panjang untuk celah yang ada pada sambungan pipa.

4. D LUBANG SULINGAN, KERTAS ASPAL DAN ADUKAN SEMEN

Pipa yang digunakan  untuk membentuk lubang sulingan, kertas aspal atau lembaran jenis lainnya untuk membungkus sambungan pipa dan adukan semen yang digunakan untuk mmengunci sambungan pipa tidak akan diukur untuk pembayaran, biaya dari bahan ini sudah harus dipandang telah termasuk dalam harga penawaran untuk pekerjaan drainase pekerjaan bawah permukaan.

4.E. GALIAN UNTUK BAHAN POROUS UNTUK PENIMBUNAN KEMBALI, BAHAN PENYARING (FILTER)

Kecuali untuk galian batu, tidak ada pengukuran, terpisah untuk pembayaran yang akan dibuat untuk pekerjaan galian atau timbunan, biaya untuk pekerjaan ini dianggap sebagai biaya lain-lain dalam melaksanakan penimbunan kembali dengan bahan porous atau bahan penyaring (filter) dan sudah termasuk dalam harga penawaran untuk berbagai macam bahan konstruksi yang digunakan.

4. F GALIAN UNTUK PEKERJAAN DRAINASE BAWAH PERMUKAAN

Kuantitas untuk pekerjaan drainase bawah permukaan harus diukur dan dibayar sesuai dengan seksi 3.1 galian.
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4