24 C
en-GB

RPP- Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas











 


Sekolah                        :  
Pelajaran                     :  VI 
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia 
Kelas/Smester             :  6/ Pertama 
Standar Kompetansi  :  3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :  2 X 35 menit


MEMBACA
A.  Kompetensi Dasar
3.1  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan


B.  Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§    Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§    Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§    Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas


v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


C.  Materi Pokok
       - Laporan hasil pengamatan


D.  Pengalaman Belajar
        - Kegiatan Awal       
           Apersepsi  dan Motivasi :
-    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-     Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan   yang akan dibaca
        - Kegiatan Inti           :
      1.  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-  Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
      2. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-  Membaca laporan hasil pengamatan

-  Membahas isi laporan hasil pengamatan
      3. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-  Guru  bersama  siswa  bertanya  jawab  meluruskan  kesalahan  pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

   -    Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-  Tanya jawab,diskusi,penugasan
-  Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya


E.  Metode/Sumber Belajar:
-    Metode                   :  Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
-    Sumber Belajar       :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F.  Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
· Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
· Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
· Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas
Lisan Tertulis Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor


1.




2.




3.
Pengetahuan Praktek Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui

.................. ,2 1 Juli 2017

Plt.Kepala Sekolah                                             Guru Mapel Bahasa indonesia







NIP :

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4