RPP- Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Sekolah :
Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- Laporan hasil pengamatan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan yang akan dibaca
- Kegiatan Inti :
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Membaca laporan hasil pengamatan
- Membahas isi laporan hasil pengamatan
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya
E. Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
- Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
· Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
· Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
· Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan Praktek Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
.................. ,2 1 Juli 2017
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
NIP :
Post a Comment