24 C
en-GB

RPP-Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )






Sekolah                        : 
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia 
Kelas/Smester              6/ Pertama 
Standar Kompetansi   3. Memahamtekdengan membaca
                                              intensif dan  membaca sekilas 
Waktu                           2 X 35 menit


MEMBACA
A.  .Kompetensi Dasar
3.2  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )


B Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§    Siswa dapaMenyatakan pernyataa yang sesuai dengan isi bacaan
§    Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§    Siswa dapat Menanggapi isi bacaan


v Karakter siswa yandiharapkan :   Dapat dipercaya Trustworthines), Rasa hormadan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibilit) Berani ( courage dan Ketulusan ( Honest)


C.  Materi Pokok
         -    Teks Bacaan


D.  Pengalaman Belajar
        - Kegiatan Awal       : Apersepsi  dan Motivasi 
             -    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yanakadipelajari
-    Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaa yang  akan dibaca atau didengar 
Kegiatan Inti           :
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca intensif teks bacaan

B. ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-  Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
-  Mencatat informasi penting dari bacaan
-  Menanggapi isi bacaan

C. KONFIRMASI

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-  Gur bersama  siswa  bertany jawa meluruska kesalaha pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

D. KEGIATAN PENUTUP
Dalam kegiatapenutup, guru:
-  Tanya jawab,diskusi,penugasan
-  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan


E Metode/Sumber Belajar:
-    Metode                   : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
-    Sumber Belajar        Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa membaca intensif teks    bacaan
· Siswa menyatakan pernyataan     yang   sesuai dengan isi bacaan
· Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
· Siswa menanggapi isi bacaan
Lisan Tertulis Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan !
· Buatlacatatan informasi- informasi penting dari bacaan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
Pengetahuan
4







2.





3.





Praktek





Sikap
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidaPengetahuan


aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidaaktif


Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidaSikap
2
1


4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

NamSiswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswyang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui

.......... ,2 1 Juli 2017

Plt.Kepala Sekolah                                             Guru MapeBahasa indonesia
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4