RPP-Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. .Kompetensi Dasar
3.2 Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan Awal : Apersepsi dan Motivasi
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan yang akan dibaca atau didengar
Kegiatan Inti :
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
- Mencatat informasi penting dari bacaan
- Menanggapi isi bacaan
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
D. KEGIATAN PENUTUP
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan
E. Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
- Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa membaca intensif teks bacaan
· Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
· Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
· Siswa menanggapi isi bacaan
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan !
· Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
* Pengetahuan
|
4
|
2.
3.
|
Praktek
Sikap
|
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
.......... ,2 1 Juli 2017
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
Post a Comment