Pendidikan
RPP - Menulis, Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : .........
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 8. Menulis, Mengungkapkan pikiran dan informasi
secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat Menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- surat Resmi
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang surat resmi
- Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
B. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
- Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
- Siswa diberi tugas untuk Menulis surat resmi
E. Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
- Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaanejaan
· Siswa menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaanejaan
· Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasayang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaanejaan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
|
· Tuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
.... ,3 Februari 2018
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia
............................... ...............................
NIP : ....
Post a Comment