24 C
en-GB

RPP - Mendengarkan Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Sekolah                        :  .........
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia  
Kelas/Smester             :  6/ Kedua 
Standar Kompetansi  : 5. Mendengarkan Memahami wacana lisan 
                                             tentang berita  dan drama pendek 
Waktu                          :  2 X 35 menit

Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio


A.  Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§    Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§    Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§    Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar


v  Karakter siswa yang diharapkan :   
    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),  
   Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage 
    dan Ketulusan ( Honesty )


B.  Materi Pokok
        -    Berita


C.  Pengalaman Belajar
         -. Kegiatan Awal       : Apersepsi  dan Motivasi :
-    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-    Mengajukan pertanyaan tentang berita dan drama pendek
1. Kegiatan Inti           :
         - Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.  Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
2.  Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita  yang didengar dari televisi  atau radio
- Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.  Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio

2.  Menceritakan kembali judul yang didengar
- Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.  Guru  bersama  siswa  bertanya  jawab  meluruskan  kesalahan  pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.  Tanya jawab,diskusi,penugasan
2.  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3.  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio


D.  Metode/Sumber Belajar:
1.    Metode                   : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
2.    Sumber Belajar       :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP


E.  Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
· Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari
televisi atau radio!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.





3.
Pengetahuan





Praktek





Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui

.... ,3 Februari 2018

Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel Bahasa Indonesia





...............................                            ...............................
NIP : ....

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4