24 C
en-GB

Spesifikasi Teknis pada Dokumen Kontrak


Spesifikasi adalah suatu uraian atau ketentuan-ketentuan yang disusun secara lengkap dan jelas mengenai suatu barang, metode atau hasil akhir pekerjaan yang dapat dibeli, dibangun atau dikembangkan oleh pihak lain sedemikian sehingga dapat memenuhi keinginan semua pihak yang terkait.

Spesifikasi adalah suatu tatanan teknik yang dapat membantu semua pihak yang terkait dengan proyek untuk sependapat dalam pemahaman sesuatu hal teknis tertentu yang terjadi dalam suatu pekerjaan. Dengan demikian spesifikasi diharapkan dapat :
  1. Mengurangi beda pendapat atau pertentangan yang tidak perlu
  2. Mendorong efesiensi penyelenggaraan proyek, tertib proyek dan kerjasama dalam penyelenggara proyek
  3. Mengurangi kerancuan teknis pelaksanaan pekerjaan
Spesifikasi yang semula merupakan bagian dari dokumen proyek, setelah kontrak ditandatangani oleh penyedia jasa dan pengguna jasa menjadi bagian dari dokumen kontrak. Sebagian dari dokumen kontrak, untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman tentang lembar-lembar spesifikasi yang telah menjadi acuan untuk pelaksanaan dilapangan, baik penyedia jasa (kontraktor) maupaun pengguna jasa (pemilik proyek) perlu memberikan paraf pada setiap halaman spesifikasi.
Spesifikasi adalah salah satu elemen dari dokumen proyek yang menguraikan secara rinci ketentuan-ketentuan  teknis dari proyek dimaksud.

POSISI SPESIFIKASI DALAM DOKUMEN LELANG

Menejemen proyek adalah dokumen yang berisi pengaturan atau prosedur dan ketentuan administratif maupun teknis untuk penyelenggaraan suatu proyek fisik (jalan/jembatan), yang pelaksanaanya akan diserahkan oleh pemilik proyek (pengguna jasa konstruksi) kepada pihak lain (penyedia jasa konstruksi) melalui proses pengadaan.

Dokumen lelang NCB terdiri atas dokumen-dokumen (termasuk adendum) sebagai berikut :

 Bab I                     Instruksi kepada peserta lelang
Bab II                    Bentuk penawaran
Bab III                   Syarat-syarat kontrak
Bab IV                   Data Kontrak
Bab V                    Spesifikasi
Bab VI                   Daftar Kuantitas
Bab VII                  Gambar-gambar
Bab VIII                Bentuk bentuk jaminan

POSISI SPESIFIKASI DALAM DOKUMEN KONTRAK

Spesifikasi adalah salah satu elemen dari dokumen kontrak yang menguraikan secara rinci ketentuan-ketentuan teknis dari proyek dimaksud.

Dokumen kontrak nasional (NCB) sesuai urutan kekuatan hukum terdiri atas sebagai berikut :\
  1. Surat Perjanjian
  2. Surat penunjukan pemenang lelang
  3. Penawaran kontraktor
  4. Data kontrak 
  5. Syarat-syarat kontrak
  6. Spesifikasi teknis
  7. Gambar-gambar
  8. Daftar kuantitas yang telah diisi harga penawarannya
  9. Dokumen lain yang tercantum dalam data kontrak merupakan bagian dari kontrak
JENIS JENIS SPESIFIKASI
A. SPESIFIKASI HASIL AKHIR (END RESULT SPESIFICATION)
Merupakan jenis spesifikasi yang menyaratkan pencapaian dimensi dan kualitas akhir suatau pekerjaan, tanpa mempersoalkan metode kerja yang diginakan untuk mencapai produk akhir tersebut.



Masih perlu penjelasan lebih lanjut , apa yang dimaksud dengan hasil akhir suatu pekerjaan, apakah hasil akhir dari suatu item pekerjaan atau kah hasil akhir suatu seksi pekerjaan ataukah hasil Devisi pekerjaan ataukah hasil akhir dari total proyek.

B. SPESIFIKASI PROSES KERJA (SPESIFICATION BY PROCESS)
Merupaka spesifikasi dimana yang diatur dalam suatu ketentuan yang harus dilaksanakan selama proses pelaksanaan pekerjaan, dengan harapan hasil kerja yang diperoleh sesuai dengan yang diinginkan.

Yang dimaksud dengan proses adalah upaya mencapai produk akhir yang diatur sesuai dengan ketentuan yang ada pada setiap pay item

C.MULTI STEP AND METHOD SPESIFICATION
Merupakan spesifikasi yang mengatur ketentuan tentang semua langkah, material yang harus digunakan dan metode kerja serta hasil kerja yang diharapkan


Spesifikasi untuk prasarana jalan/jembatan lebih condong kepada jenis multi step and method spesification, karena jenis spesifikasi  ini memberikan bimbingan secara  pelaksanaan langkah demi langkah agar diperoleh hasil pekerjaan yang sesuai dengan yang dipersyaratkan. Spesifikasi yang dipilih untuk modul pelatihan ini adalah jenis multi step and method spesification.
Pemilihan jenis spesifikasi ini juga memberi kemudahan bagi kontraktor yang baru pertama kali mengenai pekerjaan jalan dan jembatan.
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4