24 C
en-GB

Tip Dan Trik Menjawab Berbagai Bentuk Soal CPNS

Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum. Artinya, jika ada pilihan jawaban gajah:semut, elang:kupukupu, gurame:kakap, dsb maka semua bisa benar karena mereka  sama-sama  binatang.  Tapi  cobalah  anda  pilih  hubungan  yang  lebih khusus, misalnya kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.

3)  Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata- kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada atau kausalitas (sebab akibat).
4)  Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal. Seperti contoh soal sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki). Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih ‘cincin dikenakan di jari, karena urutannya terbalik. Maka yang benar adalah anting dikenakan di telinga.
 

B. SOAL CPNS: SINONIM (PERSAMAAN KATA

Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena kami telah mengamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah!, artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan kami menyebut jawaban seperti itu adalah jawaban konyol dan itulah JEBAKAN SOAL. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol
          

CONTOH

DEHIDRASI
  1. Deliberasi
  2. Proses penyusutan air
  3. Kehilangan cairan tubuh
  4. Dekapitalisasi  
  5. <![endif]-->Proses penyaringan 
C. SOAL CPNS: SINONIM (LAWAN KATA
Amati  pilihan  jawaban,  carilah  dua  jawaban  yang  berlawanan!  Seringkali jawaban soal ANTONIM berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut
 
Contoh:

KHAS >< …….

  1. KHUSUS
  2. WABIL KHUSUS 
  3. INKLUSIF
  4. EKSKLUSI
  5. UMUM

INGAT!!!


Hati-Hati! Pada saat mengerjakan soal ANTONIM, jangan sampai Anda berpikir bahwa Anda sedang mencari sinonim/persamaannya. Ini sering terjadi pada peserta tes. Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Apalagi biasanya soal Sinonim dan Antonim berdekatan waktu pengerjaannya.


D. TIP DAN TRIK SOAL CPNS:  TES DERET ANGKA

Pola  bilangan  dapat  ditebak  jika  telah  ada  minimal  dua  pola  sebelum  atau sesudahnya.

    Pola bilangan dapat  berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan, atau gabungan dari beberapa operasi tersebut.

    Langkah awal mencari pola/ irama suatu deret adalah dengan memperhatikan perubahan dari satu bilangan ke bilangan yang lain kemudian ditentukan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret atau tidak.

    Semakin sering anda mengerjakan soal pola bilangan, maka anda akan semakin mahir dan mampu mengerjakan semakin cepat dari waktu ke waktu. Karena itu, ada baiknya anda mencoba juga soal-soal lain dengan metode yang kami berikan di sini.
E. TIP DAN TRIK SOAL CPNS:  ARITMATIKA
 
TIPS dan TRIK :


    Dalam mencari hasil akhir anda TIDAK HARUS menemukan secara teliti/ detail.

Sebagian besar jawaban bisa dicari dengan cara mencari nilai pendekatan. Carilah pendekatan ke bilangan yang bulat atau lebih mudah dihitung! Jadi jangan mempersulit diri!

    Mencari nilai pendekatan juga bisa anda lakukan dengan melihat ekor bilangan

(angka pada posisi paling akhir dari hasil perhitungan).


   Pahami atau hafalkan beberapa bentuk % berikut:

1/3
33,33 %
2/3
66,67 %
1/6
16,67 %
5/6
83,33 %
1/8
12,5 %
3/8
37,5 %
5/8
62,5 %
7/8
87,5 %
3/4
75 %

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4