24 C
en-GB

RPP-Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )




Sekolah                        : 
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia 
Kelas/Smester             :  6/ Pertama 
Standar Kompetansi  :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan, 
                                           dan informasi secara tertulis dalam bentuk 
                                        formulir,ringkasan,dialog dan parafrase 
Waktu                          :  4 X 35 menit


MENULIS
A.  Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar  Tanda titik dua ( : )


B.  Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Memahami penggunaan  tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§    Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§    Siswa dapat Mencatat informasi  penting yang terdapat dalam  teks percakapan
§    Siswa dapat Melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
§    Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri


v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


C.  Materi Pokok 
   - Teks Percakapan


D.  Pengalaman Belajar 
 Kegiatan Awal       : Apersepsi  dan Motivasi : 
          -    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari 
          -     Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan dibaca atau didengarkan
-    Kegiatan Inti           :
A. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
B. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Memperagakan teks percakapan
F  Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F  Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F  Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
C.Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru  bersama  siswa  bertanya  jawab  meluruskan  kesalahan  pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas


E.  Metode/Sumber Belajar:
§    Metode                   : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§    Sumber Belajar       :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F.  Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
· Siswa memperagakan teks   percakapan
· Siswa mencatat informasi  penting yang terdapat dalam teks percakapan
· Siswa melengkapi teks percakapan yang belum selesai
· Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri
Lisan Tertulis Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Buatlah catatan informasi penting yang terdapat dalam teks   percaka-pan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
4




* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.





3.
Pengetahuan





Praktek





Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




2017


Mengetahui

............. ,2 1 Juli

Plt.Kepala Sekolah                                             Guru Mapel Bahasa indonesia



,S.pd
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4