News
RPP-Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,
dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar Tanda titik dua ( : )
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami penggunaan tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§ Siswa dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- Teks Percakapan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan Awal : Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang akan dibaca atau didengarkan
- Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
B. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan teks percakapan
F Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
C.Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
· Siswa memperagakan teks percakapan
· Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
· Siswa melengkapi teks percakapan yang belum selesai
· Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah catatan informasi penting yang terdapat dalam teks percaka-pan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
|
4
|
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
2017
Mengetahui
............. ,2 1 Juli
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
,S.pd
Post a Comment