24 C
en-GB

RPP-Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )





Sekolah                        : 
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia 
Kelas/Smester             :  6/ Pertama 
Standar Kompetansi  :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan, 
                                          dan informasi secara tertulis dalam bentuk 
                                          formulir,ringkasan,dialog dan parafrase 
Waktu                          :  4 X 35 menit


MENULIS
A.  Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar


B.  Tujuan Pembelajaran**
§    Siswa dapat Membaca cerita  pendek
§    Siswa dapat Menjawab   pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§    Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§    Siswa dapat Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§    Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
§    Siswa dapat Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan


v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


C.  Materi Pokok
-    Teks Cerita pendek


D.  Pengalaman Belajar
Apersepsi  dan Motivasi :
-    Kegiatan Awal       :
            -    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-    Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
-    Kegiatan Inti
         A. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

-  Membaca cerita pendek
-  Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek    yang dibaca
B.Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-  Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
-  Meringkas cerita pendek yang dibaca
-  Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
-  Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca
C. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-  Guru  bersama  siswa  bertanya  jawab  meluruskan  kesalahan  pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
-  Tanya jawab,diskusi,penugasan
-  Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
-  Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E.  Metode/Sumber Belajar:
§    Metode                   :  Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§    Sumber Belajar       : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F.  Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapat membaca cerita pendek
· Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan ceritayang dibaca
· Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
· Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa
· Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
· Siswa dapat mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
Lisan Tertulis Penugasan
Lembar penilaian
Produk
· Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita  yang di baca!
· Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa!
FORMAT KRITERIA PENILAIAN

&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.




2.




3.
Pengetahuan Praktek Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

..................... ,2 1 Juli 2017 Mengetahui


Plt.Kepala Sekolah                                             Guru Mapel Bahasa indonesia





,S.pd 
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4