RPP-Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,
dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca cerita pendek
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§ Siswa dapat Meringkas cerita yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§ Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
§ Siswa dapat Mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- Teks Cerita pendek
D. Pengalaman Belajar
Apersepsi dan Motivasi :
- Kegiatan Awal :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
- Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Membaca cerita pendek
- Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek yang dibaca
B.Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
- Meringkas cerita pendek yang dibaca
- Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
- Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam cerita yang dibaca
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
- Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat membaca cerita pendek
· Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan ceritayang dibaca
· Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
· Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa
· Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
· Siswa dapat mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita yang di baca!
· Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan Praktek Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
..................... ,2 1 Juli 2017 Mengetahui
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
,S.pd
Post a Comment